Tips Memasak Nasi agar lebih putih dan Pulen





Ayam Bakar Ara, Tangerang. Beras atau nasi menjadi makanan pokok hampir semua orang. Terutama untuk orang Indonesia secara umum. Itu artinya, setiap orang juga kemungkinan besar akan masak nasi setiap harinya baik untuk diri sendiri atau untuk anggota keluarga di rumah. 

Nasi yang enak, putih, pulen dan wangi tentunya akan menambah nafsu makan kita. Meski hanya menggunakan lauk sederhana berupa tempe goreng, nasi yang enak sudah mampu membantu mengenyangkan siapa saja. Tapi, bagaimana caranya untuk memasak nasi yang lebih putih, pulen dan enak? Ada beberapa tips yang perlu Sahabat Fimela perhatikan jika ingin memasak nasi yang putih dan pulen. Adapun tipsnya sebagai berikut. 



Ilustrasi beras/photo by T on Unsplash

1. Pemilihan Beras
Beras yang berkualitas, putih dan tampak bersih, akan menghasilkan nasi yang putih pula. Saat membeli beras, pilih beras yang berkualitas bagus.beras yang bagus tampak dari penampilannya yang putih, bersih dan sedikit berkilau. Beras ini juga tampak segar atau baru. Hindari memilih beras yang berwarna kuning dan berbau apek. Kualitas beras sangat menentukan nasi yang akan kamu dapatkan nantinya.



cc Shutterstock

2. Cuci Beras
Cuci beras maksimal sebanyak tiga kali pencucian. Beras yang bagus dan bersih, sudah akan tampak mengesankan walau dicuci sebentar saja. Cara ini juga sebagai tips agar serat dan nutrisi pada beras tidak hilang sepenuhnya. Gunakan air yang bersih dan bening untuk dapatkan nasi yang lebih putih serta pulen



cc Shutterstock

3. Perbandingan Beras dan Air harus tepat
Pastikan jika perbandingan beras dan air harus tepat. Air yang kurang bisa membuat nasi keras. Sedangkan air yang terlalu banyak, bisa membuat nasi terlalu lembek dan seperti bubur. Takaran yang tepat umumnya adalah 1 : 2 dengan artian, setiap 1 gelas beras gunakan 2 gelas air. Jika kamu memasak 2 gelas beras, sebaiknya gunakan 4 gelas air dan seterusnya.



cc Shutterstock

4. Tambahkan Perasan air jeruk lemon atau daun pandan
Untuk dapatkan nasi yang makin putih, pulen dan tak mudah basi, kamu bisa menambahkan sedikit air jeruk lemon ke dalam air untuk memasak. Ini bisa membuat nasi lebih putih dan tahan lama. Sementara daun pandan, akan membantumu dapatkan nasi yang beraroma lebih wangi dan semakin menggugah selera. 



cc Shutterstock

5. Aduk Nasi Sebelum Diangkat
Usahakan untuk mengaduk nasi sebelum diangkat dari panci atau rice cooker. Masak nasi selama sekitar 20 menit. Setelah nasi matang, buka tutup panci dan aduk-aduk nasi. Sedangkan untukmu yang memasak di rice cooker, setelah tombol cook berubah jadi warm, aduk nasi. Mengaduk nasi akan membantu nasi lebih pulen dan enak. Diamkan beberapa saat nasi yang telah diaduk kemudian angkat atau sjaikan sesuai selera. 

Tips yang sangat mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

Sumber : Fimela
Posting Komentar